Jumat, 27 Juni 2008

silabus menagih pembayaran

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Produktif Penjualan

KELAS/SEMESTER : XI / I dan II

STANDAR KOMPETENSI : Menagih Pembayaran (Hasil Penjualan)

KODE KOMPETENSI : PDG.00 02.037.01

ALOKASI WAKTU : 114 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Mengidentifikasi

Klausul-klausul

Perjanjian

· Klausul-klausul perjanjian dibaca dan dipelajari kembali, seperti jatuh tempo pembayaran, sanksi keterlambatan pembayaran, dan sebagainya

· Pembayaran pelanggan dikonfirmasikan ke bagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli.

· Daftar pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk kemudahan menghubungi pelanggan

· Arti klausul perjanjian jual beli

· Arti Perjajian Jual beli

· Manfaat Format-format perjanjian jual beli

· Pembuatan draf perjanjian

· Penyusunan Isi klausul perjanjian

· Pemahaman Isi dari klausul

· Perubahan Isi klausul perjanjian

· Penandatangan Perjanjian jual beli

· Pendahuluan dengan pemberian pretes dan motifasi siswa serta mereview pelajaran lalu

· Memberikan penjelasan materi tentang : Klausul Perjanjian Jual beli antara perusahaan denngan pelanggan, isi klausul perjanjian kepada pelanggan, Kesepakan klausul perjanjian jual beli

· Praktik pengisian format dan surat perjanjian.

· Memberikan kesempatan untuk bertanya

· Menutup pelajaran dengan Menyimpulkan materi pelajaran dan pemberian post tes

· Pemberian tugas dan studi kasus kepada siswa

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

· Tes Praktik pembuatan Surat Perjanjian

28

6

4

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran Produktif penjualan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· Format perjanjian Jual beli

· UU. Nomor 8 tahun 1999

· S.O.P dari perusahaan

2. Melakukan kontak

dengan pelanggan

· Daftar pelanggan yang telah disusun , disiapkan dan diperiksa kembali

· Pelanggan dihubungi dengan menggunakan komunikasi lisan dan tertulis sesuai dengan prosedur perusahaan

· Pelanggan diingatkan kembali mengenai klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran.

· Arti Komunikasi lisan dan tertulis.

· Klausul perjanjian berkaitan dengan pelanggan

· Cara menyusun dan memeriksa daftar pelanggan

· Kontak dengan pelanggan melalui alat komunikasi

· Tata cara berkomunkasi dengan para pelanggan

· Pendahuluan dengan merivew pelajaran lalu melalui pre test, dan memberikan motifas lepada siswa

· Memberikan penjelasa tentang :

· Arti Komunikasi lisan dan tertulis

· Cara berkemunikasi dalam menghadapi Konsumen

· Klausul perjanjian yang berkaitan dengan pelanggan

· Cara melakukan kontak dengan pelanggan melalui alat komunikasi

· Praktik berkomunikasi

· Pemberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan melakukan diskusi

· Simulasi melakukan kontak dengan pelanggan

· Menutup pelajaran dengan pemberian post tes dan menyimpulan materi

· Pemberian tugas dengan studi kasus.

· Membuat daftar pelanggan dengan format yang sudah ddiberikan.

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

28

10

-

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· UU. No. 8 tahun 1999

· S.O.P dari peruahaan

· Format – format Perjanjian jual beli

· Petunjuk penggunaan alat keominikasi

3. Melakukan proses

penagihan

· Waktu dan metode pembayaran ditentukan berdasarkan kesepakatan

· Jumlah pembayaran beserta denda (jika ada) dihitung dan disampaikan kepada pelanggan

· Pelanggan diminta untuk menyerahkan atau mengirimkan bukti pembayaran (apabila pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga)

·

· Sistem atau cara-cara pembayaran

· Klausul-klausul dalam perjanjian jual beli

· Prosedur administrasi penjualan.

· Penentuan waktu dan metode pembayaran berdasarkan kesepakatan

· Menghitung Jumlah pembayaran beserta denda pelanggan

· Cara penyampaian Jumlah pembayaran dan denda kepada pelanggan.

· Prosedur pemberian bukti pembayaran oleh pelanggan yang pembayarannya dilakukan oleh pihak ketiga.

· Pendahuluan

· Pemberian pre test

· Pemberian motifasi belajar

· Merivew pelajaran yang sudah diberikan

· Menjelaskan materi secara kronologis dengan berbagai metode pembelajaran.

· Menjelaskan sistem pembayaran, klausul perjanjian jual beli, prosedur administrasi penjualan, penetuan waktu dan metode pembayaran, mengitung jumlah dan denda pembayaran , prosedur pemberian bukti pembayaran oleh pelanggan yang pembayarannya oleh pihak ketiga.

· Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya

· Memberikan latihan

· Menyimpulkan materi sub kompetensi proses penagihan

· Memberikan tugas dengan studi kasus proses penagihan

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

26

8

4

·














SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK SMK 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Produktif Penjualan

KELAS/SEMESTER : X / I dan II

STANDAR KOMPETENSI : Melakukan Penyerahan / Pengiriman Produk

KODE KOMPETENSI : PDG.OO 02.36.01

ALOKASI WAKTU : 152 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Mempersiapkan

barang yang akan

diserahkan atau

dikirim .

· Daftar spesifikasi produk yang dibeli pelanggan diidentifikasi sesuai dengan pejanjian yang telah disepakati.

· Produk yang dibeli pelanggan dipersiapkan dan didkemas sesuai dengan prosedur peruahaan

· UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen pasal 4

· Identifikasi produk yang dibeli pelanggan

· Kemasan yang akan digunakan untuk mengemas produk yang dibeli sesuai ketentuan

· Tata cara pengemasan produk

· Surat atau bukti pengiriman yang harus dipersiapkan

· Pendahuluan

· Penjelasan Materi

· UU No. 8 Tahun 1999

· Identifikasi produk yang

dibeli pelanggan

· Kemasan yang

digunakan untuk

membungkus produk

yang dibeli pelanggan

· Tata cara pengemasan

produk

· Surat- bukti yang

digunakan untuk

pengiriman barang

· Pemberian kesempatan

kepada siswa

· Menutup pembelajaran

dengan menyimpulkan

dan memeberikan post

tes

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

26

10

4

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· UU. No. 8 tahun 1999.

· S.O.P perusahaan untuk pengirman produk kepada pelanggan

2. Melakukan proses

penyerahan

produk yang dibeli

pelanggan .

· Produk yang dibeli pelanggan dihitung harganya dengan tidak menggunakan atau menggunakan alat hitung.

· Total harga produk diberitahukan kepada pelanggan , atau pelanggan diperlihatkan hasil perhitungan harga

· Uang pembayaran dari pelanggan diterima, uang sisa pembayaran dikembalikan kepada pelanggan apabila ada sisa pembayaran

· Struk , bon, atau kwitansi diisi sesuai dengan jumlah harga yang dibayarkan pelanggan.

· Struk , bon, kwitansi diserahkan kepada pelanggan,

· Kalkulasi perhitungan total harga baik tidak menggnakan atau menggunakan alat hitung

· Cara menggunakan alat hitung manual atau elektronik

· Tata cara pengisian bukti-bukti perhitungan harga pokok.

· Tata cara menerima dan mengembalikan uang sebagai pembayaran dari konsumen

· Tata cara pengisian formulir transaksi penjualan.

· Menjelaskan kalkulasi perhitungan harga baik tidak menggunakan atau menggunakan alat hitung

· Praktik menghitung dengan menggunakan alat hitung manual dan elektronik.

· Praktik tata cara menghitung bukti perhitungan harga pokok

· Menjelaskan tata cara menerima dan mengembalikan uang sebagai pembayaran dari konsumen

· Tata cara pengisian formulir transaksi penjualan .

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

· Praktik pengisian format transaksi

32

10

8

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· S.O.P

· UU. No. 8 tahun 1999

· Kode etik dari APLI

3. Melakukan proses

pengiriman produk

yang dibeli pelang-

gan .

· Alat pengiriman dipersiapkan sesuai dengan prosedur dan kebutuhan

· Formulir pengiriman dipersiapkan sesuai prosedur perusahaan

· Pihak lain yang bertanggung jawab dalam pengiriman barang dihubungi dan diberitahukan jadwal pengiriman barang

· Produk yang dibeli pelanggan dikirim sesuai jadwal yang telah ditetapkan

· Formulir , faktur atau berkas pengiriman barang diserahkan kepada pelanggan / penerima

· Uang pembayaran diterima dari pelanggan .

· Faktur atau formulir asli diserahkan kepada pelanggan, copy faktur atau disimpan sebagai laporan.

· Peralatan yang digunakan untuk mengirim barang

· Sistem distribusi barang

· Administrasi pergudangan

· S.O.P perusahaan untuk pengiriman produk kepada pelanggan

· Formulir pengiriman dan penerimaan barang

· Tata cara penerimaan pembayaran

· Memberikan konfirmasi kepada pihak yang bertanggung jawab dalam pengiriman barang

· Membuat jadwal pengiriman barang

· Pendahuluan

· Penyampaian materi

· Menjelaskan Peralatan yang digunakan untuk mengirim barang

· Memahami prosedur distribusi barang

· Mengetahui administrasi pergudangan

· Mengeti S.O.P perusahaan untuk pengiriman dan penerimaan barang

· Mengetahui pengisian formulir pengiriman dan penerimaan barang

· Memahami tata cara penerimaan pembayaran

· Mengetahui konfirmasi kepada pihak yang bertanggung jawab dalam pengiriman barang

· Menyusun jadwal dalam pengiriman barang

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

42

10

10

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian produktif penjualan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

4. Melakukan konfirmasi kepada pelanggan mengenai produk yang dikirim

· Pelanggan dikonfirmasikan untuk memastika apakah produk yang telah diterima telah sesuai dengan perjanjian

· Kelengkapan formulir pengiriman produk diperiksa kembali .

§ Menjelaskan pengetahui komunikasi efektif yang berkaitan dengan barang yang telah diterima

§ Menjelaskan kelengkapan formulir pengiriman produk

1. Mengetahui komunikasi efektif yang berkaitan dengan barang yang telah diteima

2. Menetukan kelengkapan formulir pengiriman produk

§ Tes tertulis

§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

18

SILABUS

NAMA /SEKOLAH : SMK 17 Jakarta

MATA DIKLAT : PRODUKTIF PENJUALAN

KELAS/SEMESTER : X/1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Melakukan Proses administrasi Transaksi

KODE KOMPETENSI : PDG. OO 02.034.01

ALOKASI PEMELAJARAN : 114 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Menyiapkan

formulir atau

berkas-berkas

administrasi.

· Daftar formulir atau berkas-berkas administrasi diidentifikasi sesuai dengan prosedur perusahaan

· Formulir atau berkas-berkas administrasi dipersiapkan sesuai dengan daftar yang telah ditetapkan

· Formulir atau berkas-berkas administrasi diperiksa kembali kelengkapannya

§ Langkah-langkah prosedur penyiapan formulir atau berkas-berkas administrasi

§ Jenis dan macam serta kelengkapannya formulir atau berkas-berkas administrasi

§ Kelengkapan formulir berkas-berkas administrasi

§ Macam-macam formilir atau berkas administrasi

1. Pendahuluan

1.1 Pre test

1.2 Motifasi

1.3 Mereview

2. Memberikan materi

2.1 Mengerti langkah

langkah

penyiapan

formulir atau ber

kas-berkas admi

nistrasi

2.2 Mengetahui jenis

macam serta ke

lengkapan formu

lir atau berkas-

berkas

administrasi

2.3 Mengetahui ke

lengkapan formu

lir atau berkas

administrasi

2.4 Mengetahui ma-

cam-macam for

mulir atau ber-

kas administrasi

3. Memberikan

kesempatan untuk

bertanya.

4. Menyimpulkan materi

5. penutup dengan test

§ Tes tertulis

§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

20

5

4

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

§ S.O.P dari perusahaan

2. Menjelaskan

kepada pelanggan

mengenai formulir

atau berkas-berkas

administrasi yang

diperlukan

· Bahasa yang baik dan mudah dimengerti digunakan dalam menjelaskan formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan

· Isi dan kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan telah dimengerti oleh pelanggan

§ Menjelaskan langkah langkah prosedur penyiapan formulir atau berkas-berkas administrasi

§ Menjelaskan jenis dan macam serta kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi

1. Mengerti langkah-langkah prosedur penyiapan formulir atau berkas-berkas administrasi.

2. Mengetahui jenis dan macam serta kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi

3. Memahami Isi dan kelengkapan formulir

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan mengguna-kan instrumen dalam bentuk portofolio

23

6

-

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

S.O.P dari perusahaan

3. Mengisi formulir

atau berkas- berkas

administrasi yang

diperlukan

· Pengisian formulir atau berkas-berkas administrasi diketahui oleh pelanggan

· Isi formulir atau berkas berkas administrasi disetujui oleh pelanggan

§ Menjelaskan pengisian formulir atau berkas berkas administrasi diketahui oleh pelanggan

§ Menjelaskan S.O.P perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan

· Pendahuluan

· Penyampaian materi

· Memahami cara pengisian formulir formulir atau berkasadministrasi diketahui oleh pelanggan

· Mengetahui S.O.P perusahaan perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan.

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

16

8

4

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

S.O.P dari perusahaan

·

§

3.

6

4

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

S.O.P dari perusahaan

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Barat, Indonesia
Ya, Allah matikan aku dalam Islam, Jadikan aku menurut kehendakmu, dalam Ibadah kehidupanku baik dunia maupun akhirat, masukkan aku dalam sorga Mu, ya Allah

DATA PRIBADI KU

Data ini hanya boleh diakses siswa-siswi SMK Negeri 17 aja