Senin, 16 Juni 2008

silabus kewirausahaan

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER : X/1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

KODE KOMPETENSI : A

ALOKASI WAKTU : 52 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

· Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi

· Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan diidentifikasi berdasarkan sikap dan perilakunya dalam keseharian

· Pengertian kewirausahaan

· Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis

· Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan

· Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan

· Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa

· Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan

· Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal

· Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

4

1 (2)

1 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)

· Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :

- Kerja ikhlas

- Kerja mawas ><>

- Kerja cerdas

- Kerja keras

- Kerja tuntas

· Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif

· Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:

- kerja ikhlas

- kerja mawas >< emosional

- kerja cerdas

- kerja keras

- kerja tuntas

· Prinsip cara kerja prestatif

· Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif

· Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)

· Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :

- Kerja ikhlas

- Kerja mawas ><>

- Kerja cerdas

- Kerja keras

- Kerja tuntas

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

5

2 (4)

1 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

1.3 Merumuskan solusi masalah

· Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri

· Kecakapan mengolah informnasi,

· Berpikir kreatif

· Kecakapan memecahkan masalah,

· Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja

· Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis

· Pengertian masalah

· Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan

· Membedakan masalah dan bukan masalah

· Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya

· Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah

· Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah

· Dampak dari pengambilan keputusan

· Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah

· Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

· Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah

· Menentukan alternatif pemecahan permasalahan

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

5

2 (4)

1 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Buku referensi yang relevan

1.4 Mengembangkan semangat wirausaha

· Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian

· Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian

· Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian

· Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian

· Inovatif

· Kreatifitas

· Motivasi

· Sikap bekerja efektif dan efisien

· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha

· Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi

· Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien

· Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Buku referensi yang relevan

1.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain

· Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga

· Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan

· Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha

· Selalu bekerja, berjuang dan berkorban

· Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi

· Menerapkan perilaku tepat waktu

· Menerapkan perilaku tepat janji

· Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja

· Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

· Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas

· Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan

· Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan

· Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

5

2 (4)

1 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

1.6 Mengambil resiko usaha

· Identifikasi jenis-jenis resiko

· Memperkecil resiko yang merugikan

· Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb

· Manajemen resiko

· Memahami pengambilan resiko usaha

· Macam-macam resiko

· Unsur resiko

· Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif dan pengalihan resiko kepada pihak lain

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

4

2 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

1.7 Membuat keputusan

· Alternatif pemecahan masalah

· Solusi memecahkan masalah

· Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan

· Solusi pemecahan masalah

· Komunikasi

· Analisis SWOT

· Mengetahui pengertian pengambilan keputusan

· Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah

· Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis).

· Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi dengan analisis SWOT).

· Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan














NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER : X/2

STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

KODE KOMPETENSI : B

ALOKASI WAKTU : 24 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

2. 1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

· Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan

· Mengetahui hakikat sikap pantang menyerah dan ulet

· Melakukan sikap pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha

· Menjelaskan hakikat sikap pantang menyerah dan ulet

· Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikutserta-an (magang) pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

2. 2 Mengelola konflik

· Melakukan identifikasi terhadap konflik

· Memanfaatkan Konflik

· Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan dan cara mengelola konflik

· Mengetahui dampak negatif dan positif dari konflik

· Memanfaatkan konflik positif

· Mengatasi konflik negatif

· Menjelaskan penyebab, tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan dan pengelolaan konflik

· Mengatasi konflik yang timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT

· Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam CBT

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

2. 3 Membangun visi dan misi usaha

· Menyusun visi dan misi perusahaan

· Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan

· Mengetahui visi dan misi perusahaan

· Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan

· Menjelaskan visi dan misi perusahaan

· Dapat menjalankan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan


NAMA /SEKOLAH : SMK Negeri 17 Jakarta

MATA DIKLAT : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : XI/1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Merencanakan Usaha Kecil/Mikro

KODE KOMPETENSI : C

ALOKASI PEMELAJARAN : 76 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

3.1 Menganalisis peluang usaha

Analisis peluang usaha yang didasarkan kepada:

- Jenis produk dan jasa

- Minat dan daya beli konsumen

§ Peluang dan resiko usaha

§ Factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha

§ Mengembangkan ide dan peluang usaha

§ Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan

§ Memetakan peluang usaha

§ Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif

1. Mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, program keahlian dsb

2. Pengembangan ide kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh siswa dalam bentuk nyata sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP

3. Mengetahui 10 macam penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha

§ Tes tertulis

§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

2 (8)

§ Profil usaha yang berhasil

§ Biografi orang yang berhasil

§ Modul bahan ajar

§ Modul CMUS

§ Objek nyata/real (tempat wirausaha sekolah, lingkungan, museum,pameran dll)

3.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

3.2.1Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dilihat dari :

- organisasi usaha sederhana yang meliputi tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi

- Produksi yang meliputi alur persediaan, proses produksi dan penyimpan-an hasil produksi

§ Tujuan dan sasaran usaha

§ Bentuk-bentuk badan usaha

§ Struktur organisasi sederhana

§ Produk dan jasa

§ Pengelolaan persediaan

§ Proses produksi

§ Penyimpanan produk

§ Merumuskan tujuan dan sasaran usaha

§ Menetapkan bentuk badan usaha

§ Menyusun struktur organisasi sederhana

§ Menentukan jenis dan kualitas produk/jasa

§ Menghitung kebutuhan dan persediaan bahan baku

§ Merancang aliran proses produksi

1. Membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat : tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan

2. Membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah dan DUDI

3. Menghitung kebutuhan modal kerja dalam proses produksi

4. Melaksanakan proses produksi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan mengguna-kan instrumen dalam bentuk portofolio

6

6 (12)

2 (8)

§ Profil organisasi usaha

§ Modul bahan ajar

§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,, pameran dll)

§ Bagan/struktur organisasi

§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

3.2.2Analisis perencanaan usaha dengan aspek administrasi usaha :

- Perizinan usaha

- Surat-menyurat

- Pencatatan transaksi barang/jasa

- Pencatatan transaksi ke-uangan

- Pajak pribadi dan pajak usaha

- Membuat pembukuan sederhana

§ Perizinan usaha

§ Surat Menyurat

§ Pencatatan transaksi barang/jasa

§ Pencatatan transaksi keuangan

§ Pajak pribadi dan pajak usaha

1. Mengetahui pembuatan perijinan usaha sesuai dengan bentuk badan usaha

2. Pembuatan sistem administrasi usaha sederhana pada kegiatan usaha program keahlian dalam bentuk program CBP)

3. Pelaksananan administrasi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP meliputi surat-menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan dan penghitungan pajak

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6

6 (12)

2 (8)

§ Profil organisasi usaha

§ Modul bahan ajar

§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,

§ Contoh format-format pendirian dan perijinan usaha

§ Contoh macam-macam surat

§ Panduan penghitungan pajak

3.2.3Perencanaan usaha yang dianalisis aspek pemasaran :

- Teknik menjual

- Penetapan harga

- Pelayanan prima

§ Seni menjual dan teknik promosi

§ Harga jual

§ Kepuasan pelanggan

§ Promosi

§ Negosiasi

§ Saluran dan jaringan distribusi

1. Merencanakan dan membuat bentuk promosi bagi produk usaha sekolah

2. Menentukan saluran distribusi produk yang tepat

3. Mengetahui dan ikut serta dalam penetapan harga jual produk unit usaha/unit produksi sekolah

4. Melakukan pemasaran produk yang dihasilkan oleh unit usaha/unit produksi sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP

§ Tes tertulis

§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6

4 (8)

4 (16)

§ Modul bahan ajar

§ Objek nyata/real

§ Buku Panduan Pemasaran

§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

3.2.4Perencanaan usaha yang dianalisis aspek pemodalan dan pembiayaan usaha:

- Pemodalan

- Pembiayaan usaha

- Analisa biaya dan pendapatan

§ Teknik dan prosedur permodalan usaha

§ Rencana anggaran biaya (RAB)

§ Proyeksi arus kas

§ Titik pulang pokok (BEP)

§ Laba/rugi

§ Net present value (NPV) dan internal rate of return (IRR)

§ Mengumpulkan informasi proses pengajuan kredit pada LK, LKBB dan kredit pada Unit usaha/unit produksi sekolah

§ Ikut serta menyusun RAB, menghitung arus kas, BEP, dan kelayakan usaha pada kegiatan usaha di sekolah (produk unit usaha/unit produksisekolah) sesuai program keahlian dalam bentuk program CBP

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6

6 (12)

2 (8)

§ Modul bahan ajar

§ Objek nyata/real

§ Buku panduan Pemasaran

§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

3.3 Menyusun proposal usaha

Proposal usaha disusun ber-dasarkan aspek pengelolaan usaha :

§ aspek organisasi dan produksi

§ Administrasi usaha

§ Pemasaran

§ Permodalan dan pembiayaan usaha

§ Prospek usaha

§ Sistematika penyusunan proposal usaha

§ Membuat proposal usaha

§ Pembuatan Proposal usaha pengajuan kredit usaha baru sesuai dengan aspek-aspek pengelolaan usaha

§ Penyusunan proposal yang mampu dipahami oleh orang lain

§ Penyusunan proposal usaha sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6

4 (8)

§ Modul bahan ajar

§ Produk yang akan dihasilkan

§ Buku panduan penyusunan proposal

§ Buku-buku analisis aspek pendirian usaha

§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)


NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 17 Jakarta

MATA DIKLAT : Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER : XII/1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Mengelola Usaha Kecil/mikro

KODE KOMPETENSI : D

ALOKASI WAKTU : 40 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

TM

PS

PI

SUMBER BELAJAR

4.1. Mempersiap-kan pendirian usaha

§ Pendirian usaha dipersiapkan sesuai dengan proposal meliputi :

- izin usaha

- pemodalan

- tempat usaha/lokasi

- fasilitas dan bahan baku

- SDM

- administrasi

Menerapkan isi proposal usaha dalam pendirian usaha sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan

§ Mengetahui prosedur pengurusan izin usaha baru pada pihak yang berwenang

§ Membuat sistem pengelolaan keuangan pada usaha yang telah dibentuk

§ Menentukan dan mengurus tempat usaha

§ Mengetahui dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi

§ Merekrut dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai dengan kegiatan usaha yang didirikan

§ Mempersiapkan administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio

§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

§ Simulasi pendirian dan pelaksanaan kegiatan usaha

4

2 (4)

2 (8)

§ Profil organisasi usaha

§ Modul bahan ajar

§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,

§ Contoh format-format pendirian dan perijinan usaha

§ Proposal usaha

§ Buku-buku analisis aspek pendirian usaha

§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

4.2. Menghitung resiko menjalankan usaha

1. Melakukan analisis aspek

§ keuangan

§ potensi pasar

§ produk

§ pelanggan

§ pesaing

§ bahan baku/bahan produksi

2. Adanya data hasil analisis

§ Melakukan analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika seperti peluang, regresi, korelasi

§ Menyusun strategi yang sistematis untuk menjalankan usaha

§ Mengetahui sistem analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika

§ Mengumpulkan, mengelompokkan dan mengolah data dengan pendekatan statistika

§ Menyusun strategi yang tepat untuk menjalankan usaha

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6

2 (4)

2 (8)

§ Profil organisasi usaha

§ Modul bahan ajar

§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,

§ Contoh format-format pengolahan data dengan kuisioner

§ Buku-buku analisis aspek pendirian usaha

§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

§ Aplikasi Microsoft Excel

4.3. Menjalankan Usaha Kecil

1. Adanya dokumen pendirian usaha

2. Adanya dokumen adminstrasi usaha

3. Tersediaanya bahan baku/ bahan produksi

4. Sumber daya manusia (TK/pengelola)

5. Permodalan sesuai dengan hasil analisis

6. Tersedianya alat produksi

7. Produk yang dihasilkan

Menerapkan Fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dalam aspek

1. Pengelolaan fasilitas dan bahan

2. Mengelola SDM

3. Mengelola proses produksi

4. Mengelola keuangan

5. Mengelola administrasi

6. Memasarkan produk

§ Mengelola fasilitas dan bahan

§ Mengelola sumber daya manusia

§ Mengelola proses produksi sampai produk yang dihasilkan

§ Mengelola keuangan

§ Mengelola administrasi

§ Memasarkan produk/jasa

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio

§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

3

3 (6)

4 (16)

§ Modul bahan ajar

§ Produk yang dihasilkan

§ Dokumen pendirian dan perijinan usaha

§ Proposal usaha

§ Buku-buku analisis aspek pendirian usaha

§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

4.4. Mengevaluasi hasil usaha

Kinerja usaha dievaluasi berdasarkan kriteria keberhasil-an usaha

1. Laporan keuangan

2. Penghitungan rasio keuangan :

· Rasio Likuiditas

· Rasio Rentabilitas

· Rasio Solvabilitas

3. Rencana pengembangan usaha sesuai hasil evaluasi

1. Rasio keuangan

2. Teknik penyusunan laporan

3. Teknik pengemba-ngan usaha

§ Menghitung rasio keuangan

§ Menyusun laporan pengelolaan usaha

§ Menyususun rencana pengembangan usaha

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6

4 (8)

2 (8)

§ Modul bahan ajar

§ Laporan keuangan kegiatan usaha

§ Proposal usaha

§ Buku-buku manajemen keuangan

§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Barat, Indonesia
Ya, Allah matikan aku dalam Islam, Jadikan aku menurut kehendakmu, dalam Ibadah kehidupanku baik dunia maupun akhirat, masukkan aku dalam sorga Mu, ya Allah

DATA PRIBADI KU

Data ini hanya boleh diakses siswa-siswi SMK Negeri 17 aja