Tiada sesuatu yang abadi, kecuali ridho dan ridho Mu, ya ALLAh
Senin, 30 Juni 2008
Motivasi Pembelian
IDENTIFIKASI PERILAKU PELANGGAN
Motivasi Pembelian
Kegunaan dari mengetahui motivasi Pembelian adalah untuk mengidentifikas perilaku pelanggan sehingga dapat diketahui pola pembelian, agar penjualan dapat lebih berhasil, yang terdiri dari:
Motivasi pembelian adalah motif membeli dan keinginan umum naluriah manusia, yaitu alasan atau sebab seseorang melakukan pembelian, dengan tujuan memenuhi kebutuhannya, yaitu:
Akal (rasional)
Pelayanan toko (service)
Kebutuhan mendesak
Faktor intern (dalam) dan Ekstern (luar)
Psikologis
Motivasi pembelian
Akal (rasional) Pembelian produk yang disertai dengan pemikiran bahwa produk yang dibeli memang dibutuhkan, dan sesuai dengan kemampuan daya beli yang dimilikinya
Pelayanan toko (service) Keinginan membeli produk timbul akibat dari pelayanan yang memuaskan, baik dari kualitas produknya maupun fasilitas yang disediakan pihak toko
Kebutuhan mendesak Keingian membeli produk karena memang merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus diadakan, misalnya pengendara motor, waktu musim hujan membutuhkan jas hujan
Faktor ekstern/luar Pembelian dilakukan karena pengaruh dari:
Orang yang pertama mempunyai ide atau gagasan (initiator)
Orang yang mempengaruhi keputusan pembelian (influencer)
Orang yang menentukan sebagian atau keseluruhan pembelian (Key)
Orang yang melaksanakan pembelian (purchaser)
Alur Faktor ekstern/luar
Faktor psikologis Pengaruh pembelian karena:
pengalaman yang didapat baik positif maupun negatif dalam pembelian produk
karakter/kepribadian, seperti pemikiran, sikap, ucapan dan tindakan
Ya, Allah matikan aku dalam Islam, Jadikan aku menurut kehendakmu, dalam Ibadah kehidupanku baik dunia maupun akhirat, masukkan aku dalam sorga Mu, ya Allah