Jumat, 27 Juni 2008

silabus menagih pembayaran

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Kejuruan Penjualan

KELAS/SEMESTER : XII / I dan II

STANDAR KOMPETENSI : Menagih Pembayaran (Hasil Penjualan)

KODE KOMPETENSI : PDG.00 02.037.01

ALOKASI WAKTU : 114 Jam @ 45 Menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Mengidentifika-si Klausul-klausul Perjanjian

· Klausul-klausul perjanjian dibaca dan dipelajari kembali, seperti jatuh tempo pembayaran, sanksi keterlambatan pembayaran, dan sebagainya

· Pembayaran pelanggan dikonfirmasikan ke bagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli.

· Daftar pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk kemudahan menghubungi pelanggan

· Arti klausul perjanjian jual beli

· Arti Perjajian Jual beli

· Manfaat Format-format perjanjian jual beli

· Pembuatan draf perjanjian

· Penyusunan Isi klausul perjanjian

· Pemahaman Isi dari klausul

· Perubahan Isi klausul perjanjian

· Penandatangan Perjanjian jual beli

· Pendahuluan dengan pemberian pretes dan motifasi siswa serta mereview pelajaran lalu

· Memberikan penjelasan materi tentang : Klausul Perjanjian Jual beli antara perusahaan denngan pelanggan, isi klausul perjanjian kepada pelanggan, Kesepakan klausul perjanjian jual beli

· Praktik pengisian format dan surat perjanjian.

· Memberikan kesempatan untuk bertanya

· Menutup pelajaran dengan Menyimpulkan materi pelajaran dan pemberian post tes

· Pemberian tugas dan studi kasus kepada siswa

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

· Tes Praktik pembuatan Surat Perjanjian

28

6

4

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran Produktif penjualan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· Format perjanjian Jual beli

· UU. Nomor 8 tahun 1999

· S.O.P dari perusahaan

2. Melakukan kontak

dengan pelanggan

· Daftar pelanggan yang telah disusun , disiapkan dan diperiksa kembali

· Pelanggan dihubungi dengan menggunakan komunikasi lisan dan tertulis sesuai dengan prosedur perusahaan

· Pelanggan diingatkan kembali mengenai klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran.

· Arti Komunikasi lisan dan tertulis.

· Klausul perjanjian berkaitan dengan pelanggan

· Cara menyusun dan memeriksa daftar pelanggan

· Kontak dengan pelanggan melalui alat komunikasi

· Tata cara berkomunkasi dengan para pelanggan

· Pendahuluan dengan merivew pelajaran lalu melalui pre test, dan memberikan motifas lepada siswa

· Memberikan penjelasa tentang :

· Arti Komunikasi lisan dan tertulis

· Cara berkemunikasi dalam menghadapi Konsumen

· Klausul perjanjian yang berkaitan dengan pelanggan

· Cara melakukan kontak dengan pelanggan melalui alat komunikasi

· Praktik berkomunikasi

· Pemberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan melakukan diskusi

· Simulasi melakukan kontak dengan pelanggan

· Menutup pelajaran dengan pemberian post tes dan menyimpulan materi

· Pemberian tugas dengan studi kasus.

· Membuat daftar pelanggan dengan format yang sudah ddiberikan.

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

28

10

-

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· UU. No. 8 tahun 1999

· S.O.P dari peruahaan

· Format – format Perjanjian jual beli

· Petunjuk penggunaan alat keominikasi

3. Melakukan proses

penagihan

· Waktu dan metode pembayaran ditentukan berdasarkan kesepakatan

· Jumlah pembayaran beserta denda (jika ada) dihitung dan disampaikan kepada pelanggan

· Pelanggan diminta untuk menyerahkan atau mengirimkan bukti pembayaran (apabila pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga)

· Sistem atau cara-cara pembayaran

· Klausul-klausul dalam perjanjian jual beli

· Prosedur administrasi penjualan.

· Penentuan waktu dan metode pembayaran berdasarkan kesepakatan

· Menghitung Jumlah pembayaran beserta denda pelanggan

· Cara penyampaian Jumlah pembayaran dan denda kepada pelanggan.

· Prosedur pemberian bukti pembayaran oleh pelanggan yang pembayarannya dilakukan oleh pihak ketiga.

· Pendahuluan

· Pemberian pre test

· Pemberian motifasi belajar

· Merivew pelajaran yang sudah diberikan

· Menjelaskan materi secara kronologis dengan berbagai metode pembelajaran.

· Menjelaskan sistem pembayaran, klausul perjanjian jual beli, prosedur administrasi penjualan, penetuan waktu dan metode pembayaran, mengitung jumlah dan denda pembayaran , prosedur pemberian bukti pembayaran oleh pelanggan yang pembayarannya oleh pihak ketiga.

· Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya

· Memberikan latihan

· Menyimpulkan materi sub kompetensi proses penagihan

· Memberikan tugas dengan studi kasus proses penagihan

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

26

8

4

·

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Barat, Indonesia
Ya, Allah matikan aku dalam Islam, Jadikan aku menurut kehendakmu, dalam Ibadah kehidupanku baik dunia maupun akhirat, masukkan aku dalam sorga Mu, ya Allah

DATA PRIBADI KU

Data ini hanya boleh diakses siswa-siswi SMK Negeri 17 aja