Kompetensi Materi Simulasi Latihan Tes Tim Kontak Dengan Calon Pembeli Menghubungi Pihak Terkait Dalam menghubungi pihak pihak lain yang terkait dengan transaksi akan terjalin proses komunikasi antara pihak-pihak tersebut. Proses komunikasi akan berjalan efektif bila menggunakan perlengkapan komunikasi. Perlengkapan komunikasi yaitu media komunikasi (alat atau sarana) yang digunakan sebagai perantara komunikasi. 1. Fungsi media komunikasi a. efektivitas, bahwa dengan menggunakan media komunikasi mempermudah kelancaran penyampaian informasi b. efisiensi, bahwa dengan menggunakan media komunikasi mempercepat penyampaian informasi c. kongkrit, bahwa dengan menggunakan media komunikasi membantu mempercepat isi pesan yang bersifat abstrak d. motivatif, bahwa dengan menggunakan media komunikasi lebih memberi semangat untuk melakukan komunikasi. 2. Cara berkomunikasi a. Cara berkomunikasi antar pribadi (interpersonal communication) Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam interpersonal communication diantaranya adalah : 1. tentukan kondisi dan situasi yang tepat dan menyenangkan 2. ucapkan salam dan berbicaralah dengan nada sopan, manis, menarik, jelas dan mudah dimengerti 3. tentukan persoalan yang akan dibicarakan bersama 4. berbicaralah dengan diiringi gerak-gerik anggota tubuh yang tidak menimbulkan perasaan tidak enak, seperti melanggar kesopanan 5. sesuaikan diri sebaik mungkin dengan lawan bicara 6. setelah pembicaraan utarakan salam dan ucapan terima kasih b. Cara berkomunikasi berkelompok Berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi : 1. Kelompok kecil (small group communication) Komunikasi dilakukan dengan interaksi langsung secara dialogis, proses komunkasi secara sirkuler 2. Kelompok besar (large group communication) dalam komunikasi ini tidak memungkinkan terjadinya interaksi langsung tanggapan secara verbal karena jumlah komunikan (pihak yang menerima berita/ pesan) sangat banyak. 3. Macam-macam sarana komunikasi 1. Surat, adalah sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tertulis dibuat dengan cara-cara tertentu sesuai dengan fungsinya. a. Perlengkapan-perlengkapan surat b. Macam-macam surat 1. menurut wujudnya, terdiri dari surat bersampul, kartu pos, warkat pos, telegram, teleks, memo, nota, dan surat tanda bukti 2. menurut cara pemakaiannya, terdiri dari surat individu, surat sosial, surat bisnis 2. Telepon Beberapa pedoman etiket dalam bertelepon antara lain : - jangan biarkan telepon berdering lebih dari 3 kali - angkat telepon dengan tangan kiri, tangan kanan mengambil alat tulis untuk mencatat - berbicara via telepon sebaiknya bersikap seakan-akan langsung bertatap muka - ucapkan salam, bicara dengan jelas dan mudah dimengerti - bila sudah tersambung dengan pihak yang dimaksud sampaikan pesan dengan dengan tepat dan tidak dengan nada yang keras - setelah selesai tutup pembicaraan dengan ucapan terima kasih disertai salam, letakkan gagang telepon dengan tepat 3. Teleks (Teleprinter Exchange) Berkomunikasi dengan teleks dapat dilakukan bila kedua belah pihak memiliki pesawat teleks, berita yang akan dikirim akan tercetak pada lembar penerimaan pada kedua pesawat yang saling berhubungan. Teleks disebut juga dengan mesin transfer berita. 4. Faksimilie Faksimile adalah mesin atau pesawat fotokopi jarak jauh (telecopier) yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima salinan informasi yang berupa gambar, foto, atau dokumen secara langsung 5. E-Mail (Electronic Mail) E- mail merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan/ gambar melalui internet. Dalam pengiriman E-mail ada beberapa hal yang harus diketahui diantaranya adalah : - jangan terlalu banyak mengutip - perlakukan e-mail secara pribadi - jangan gunakan huruf kapital - jangan membicarakan orang lain - jangan gunakan HTML, sebaiknya gunakan plaint text - jawablah secara logis 6. Internet Internet merupakan kumpulan luas dari jaringan komputer yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. |