Senin, 30 Juni 2008

Pihak terkait dengan penjujalan

Kompetensi

Materi

Simulasi

Latihan

Tes


Tim

Kontak Dengan Calon Pembeli

Identifikasi Pihak Terkait

Kegiatan penjualan sebagai bagian dari kegiatan perusahaan timbul karena kerjasama dengan berbagai pihak, perancang produk, pengawasan mutu, penjualan barang, dan pelayanan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan kunci sukses kegiatan penjualan karenanya penjual harus mampu menjalin kerjasama dengan pihak lain yang terkait dengan transaksi.

Pihak-pihak yang terkait dengan transaksi adalah:

1. Sales (tenaga penjual)

Tenaga penjual adalah orang yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan calon pembeli sehingga calon pembeli merasa senang dan menimbulkan keinginan untuk membeli. Tenaga penjual akan mengubah pembeli potensial menjadi pembeli yang melakukan transaksi pembelian.

Karena itu tenaga penjual harus memiliki sikap-sikap yang menjadi pedoman dasar pelayanan, antara lain :
1. layani pelanggan dengan cepat, ramah dan sopan
2. berikan informasi tentang produk dan toko dengan jelas dan benar
3. berikan tatapan yang menyenangkan kepada pelanggan
4. hindari perdebatan dengan pelanggan
5. tidak membeda-bedakan pelanggan
6. bekerja dengan antusias
7. berikan perhatian penuh saat melayani

2. Pembeli ( pelanggan )

Hubungan baik dengan pembeli merupakan hal penting dalam transaksi. Sebelum transaksi kesepakatan dengan pembeli harus dikonfirmasi kembali misalnya cara pembayaran, pengiriman, asuransi dan garansi.

Dalam menjaga hubungan baik dengan pembeli cara yang dapat dilakukan antara lain:
a. menyediakan produk yang dibutuhkan
b. memberikan pelayanan yang memuaskan
c. memberikan penghargaan yang baik yang bersifat moral maupun materiil, misalnya sapaan yang ramah, pemberian potongan harga, bonus atau hadiah

3. Supplier (pemasok)

Supplier atau Pemasok terdiri dari : Grosir dan Agen. Grosir dan agen sesungguhnya adalah merupakan mata rantai saluran distribusi. Saluran distribusi merupakan saluran yang digunakan oleh produsen dalam menyalurkan produk-produknya untuk sampai ke tangan konsumen. Jika dilihat dari segi fisiknya salah satu jenis saluran distribusi adalah saluran distribusi tidak langsung.

Saluran distribusi tidak langsung dapat digambarkan sbb :

4. Fasilitator

Fasilitator adalah orang-orang/badan yang menunjang kegiatan transaksi dalam rangka distribusi barang. Yang termasuk fasilitator adalah pergudangan, perusahaan asuransi, perusahaan pengangkutan dan lembaga keuangan

5. Lingkungan

Yang termasuk lingkungan adalah keinginan konsumen, adanya pesaing dan perkembangan kehidupan masyarakat.

Kompetensi

Materi

Simulasi

Latihan

Tes


Tim

Kontak Dengan Calon Pembeli

Hasil Kesepakatan

Hasil kesepakatan antara penjual dengan calon pelanggan harus dicatat dan dikonfirmasi kembali. Konfirmasi kesepakatan merupakan usaha yang dilakukan oleh pengusaha untuk menguatkan dan memastikan keputusan dari calon pelanggan. Di dalam perusahaan terdapat Standard Operating Procedure untuk melakukan konfirmasi keputusan calon pelanggan. SOP perusahaan untuk melakukan konfirmasi keputusan calon pelanggan merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mempertegas jadi tidaknya pembelian.


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Sapa
- berikan sapaan melalui kontak mata yang bersahabat
- berikan sapaan melalui gerakan tubuh dengan sikap hormat dan tangan terbuka
- senyuman yang tulus
- melalui ucapan kalimat “Selamat pagi/ Selamat siang/ Selamat malam"

b. Butuh
- menebak kebutuhan calon pelanggan berdasarkan profil pelanggan
- mengajukan pertanyaan dan diarahkan pada produk yang dijual
- pernyataan-pernyataan yang dapat mempercepat pengambilan keputusan diajukan kepada calon pelanggan

c. Demo
- memperlihatkan produk yang baik
- mempersilakan calon pelanggan memegang produk
- memperlihatkan kelebihan dan fungsi produk
- gerakan tangan turut menegaskan seperlunya

d. Tutup
Penjual harus mengetahui seberapa besar tingkat kemantapan calon pelanggan untuk membeli produk karena itu penjual harus mampu memotivasi calon pelanggan ke arah transaksi.

e. Tanya
Konfirmasi dilakukan kembali untuk mempertegas jadi atau tidaknya calon pelanggan melakukan pembelian.

Kesepakatan transaksi

Perjanjian jual beli merupakan persetujuan atau kesepakatan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli secara tertulis atau lisan mengenai syarat-syarat jual beli yang harus ditaati oleh kedua belah pihak.

Jika kesepakatan transaksi dituangkan dalam bentuk perjanjian jual beli maka hal-hal yang harus termuat dalam perjanjian jual beli adalah sbb :



1. Subyek perjanjian yaitu penjual dan pembeli dengan identitas lengkap
2. Obyek perjanjian jual beli yang dijelaskan dengan rinci spesifikasi dan harganya
3. Peraturan jual beli misalnya cara pengiriman,cara pembayaran, waktu pengiriman, garansi, hak dan kewajiban kedua belah pihak, dsb.
4. Masa berlakunya perjanjian
5. Pengesahan perjanjian
6. Tempat dan waktu perjanjian
7. Saksi dalam perjanjian

Hasil kesepakatan dapat disampaikan kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan beberapa sarana komunikasi antara lain :
- Surat
- Telepon
- Teleks
- Faksimile
- E-mail
- Internet

Contoh surat Pengiriman Pesanan:
P.T Indo Grand Retail yang beralamat di Jl. Jend.A.Yani no 20 Jakarta pada tanggal 10 Januari 2007 mengirimkan Surat Pengiriman Pesanan kepada Mizi Mart Swalayan di Jl. Jend. TB.Simatupang no 21 Jakarta dengan no surat : 102/IGR/I/07.Mizi Mart Swalayan memesan produk berupa :
1. Sabun mandi Nuvo 100 pcs @ Rp 1.450,-
2. Mentega Blue Band 2 kg 60 kaleng @ Rp 13.000,-
3. Bedak Viva 2 gr 100 pcs @ Rp 10.000,-
4. Minyak goreng Bimoli 2 liter 100 botol @ Rp10.000,-
5. Minyak rambut Brisk 100 gr 100 botol @ Rp 5.000,-
Pajak atas barang ( PPn ) sebesar 10 %

Home | Halaman Utama | Bahan Belajar | Komunitas | Info | FAQ

Kompetensi

Materi

Simulasi

Latihan

Tes


Tim

Kontak Dengan Calon Pembeli

Menghubungi Pihak Terkait

Dalam menghubungi pihak pihak lain yang terkait dengan transaksi akan terjalin proses komunikasi antara pihak-pihak tersebut. Proses komunikasi akan berjalan efektif bila menggunakan perlengkapan komunikasi. Perlengkapan komunikasi yaitu media komunikasi (alat atau sarana) yang digunakan sebagai perantara komunikasi.

1. Fungsi media komunikasi

a. efektivitas, bahwa dengan menggunakan media komunikasi mempermudah kelancaran penyampaian informasi
b. efisiensi, bahwa dengan menggunakan media komunikasi mempercepat penyampaian informasi
c. kongkrit, bahwa dengan menggunakan media komunikasi membantu mempercepat isi
pesan yang bersifat abstrak
d. motivatif, bahwa dengan menggunakan media komunikasi lebih memberi semangat untuk melakukan komunikasi.

2. Cara berkomunikasi

a. Cara berkomunikasi antar pribadi (interpersonal communication)
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam interpersonal communication diantaranya adalah :
1. tentukan kondisi dan situasi yang tepat dan menyenangkan
2. ucapkan salam dan berbicaralah dengan nada sopan, manis, menarik, jelas dan mudah dimengerti
3. tentukan persoalan yang akan dibicarakan bersama
4. berbicaralah dengan diiringi gerak-gerik anggota tubuh yang tidak menimbulkan perasaan tidak enak, seperti melanggar kesopanan
5. sesuaikan diri sebaik mungkin dengan lawan bicara
6. setelah pembicaraan utarakan salam dan ucapan terima kasih

b. Cara berkomunikasi berkelompok

Berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi :
1. Kelompok kecil (small group communication)
Komunikasi dilakukan dengan interaksi langsung secara dialogis, proses komunkasi
secara sirkuler

2. Kelompok besar (large group communication)
dalam komunikasi ini tidak memungkinkan terjadinya interaksi langsung tanggapan secara verbal karena jumlah komunikan (pihak yang menerima berita/ pesan) sangat
banyak.

3. Macam-macam sarana komunikasi

1. Surat, adalah sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tertulis dibuat dengan cara-cara tertentu sesuai dengan fungsinya.

a. Perlengkapan-perlengkapan surat
b. Macam-macam surat
1. menurut wujudnya, terdiri dari surat bersampul, kartu pos, warkat pos, telegram,
teleks, memo, nota, dan surat tanda bukti
2. menurut cara pemakaiannya, terdiri dari surat individu, surat sosial, surat bisnis

2. Telepon



Beberapa pedoman etiket dalam bertelepon antara lain :
- jangan biarkan telepon berdering lebih dari 3 kali
- angkat telepon dengan tangan kiri, tangan kanan mengambil alat tulis untuk mencatat
- berbicara via telepon sebaiknya bersikap seakan-akan langsung bertatap muka
- ucapkan salam, bicara dengan jelas dan mudah dimengerti
- bila sudah tersambung dengan pihak yang dimaksud sampaikan pesan dengan dengan tepat dan tidak dengan nada yang keras
- setelah selesai tutup pembicaraan dengan ucapan terima kasih disertai salam, letakkan gagang telepon dengan tepat

3. Teleks (Teleprinter Exchange)

Berkomunikasi dengan teleks dapat dilakukan bila kedua belah pihak memiliki pesawat teleks, berita yang akan dikirim akan tercetak pada lembar penerimaan pada kedua pesawat yang saling berhubungan. Teleks disebut juga dengan mesin transfer berita.

4. Faksimilie

Faksimile adalah mesin atau pesawat fotokopi jarak jauh (telecopier) yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima salinan informasi yang berupa gambar, foto, atau dokumen secara langsung

5. E-Mail (Electronic Mail)
E- mail merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan/ gambar melalui internet. Dalam pengiriman E-mail ada beberapa hal yang harus diketahui diantaranya adalah :
- jangan terlalu banyak mengutip
- perlakukan e-mail secara pribadi
- jangan gunakan huruf kapital
- jangan membicarakan orang lain
- jangan gunakan HTML, sebaiknya gunakan plaint text
- jawablah secara logis

6. Internet
Internet merupakan kumpulan luas dari jaringan komputer yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia.

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Barat, Indonesia
Ya, Allah matikan aku dalam Islam, Jadikan aku menurut kehendakmu, dalam Ibadah kehidupanku baik dunia maupun akhirat, masukkan aku dalam sorga Mu, ya Allah

DATA PRIBADI KU

Data ini hanya boleh diakses siswa-siswi SMK Negeri 17 aja