Rabu, 06 Mei 2009

Persiapan UJi Kompetensi

APA YANG HARUS DISIAPKAN DALAM UJI KOMPETENSI ?

 Uji Kompetensi merupakan salah satu prasyarat yang harus dilalui oleh seorang siswa / siswi SMK ( Penjualan, Akuntansi, ataupun Sekretaris ) untuk dapat lulus dalam proses belajar mengajar.

 Jenis Ujian Kompetensi :

1. Penyusunan Project Proposal ( Business Plan / Rencana usaha yang akan dilakukan.
2. Presentasi Business Plan di hadapan Penguji.
3. Display barang-barang dagangan.
4. Kegiatan Promosi.
5. Menggunakan Mesin-mesin Business yang berupa :



6. Penyajian laporan hasil penjualan ( membandingkan antara target dengan hasil penjualan ).


BAGAIMANA PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA / BUSINESS PLAN
YANG BAIK DAN BENAR ?

 SYARAT YANG HARUS DIPENUHI :

1. Harus Realistis :
 Rencana yang dibuat disesuaikan dengan kemampuan
 Target yang hendak di capai tidak muluk-muluk /di luar jangkauan

2. Market Oriented :
 Barang yang di jual disesuaikan dengan target konsumen yang
dituju
3. Perhitungan Proyeksi yang matang :
 Turn over yang besar / margin keuntungan yang tinggi

4. Redaksional Penulisan :
 Mudah di mengerti dan focus pada sasaran
 Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 Penggunaan bahasa Inggris sesuai kaidah dan gramatikal (jika dalam bahasa Inggris)

5. Metodologi Pemikiran : Harus runut / sesuai dengan kaidah Metodologi Penelitian
 Bab I : Pendahuluan
 Bab II : Aspek Kelayakan Usaha
 Bab III : Kesimpulan





BAGAIMANA PROSES PRESENTASI YANG BAIK
DI HADAPAN JURI ?

1. Memberikan sapaan salam dengan sikap yang meyakinkan.
2. Bertingkah laku yang bersahaja dan tidak ada kesan dibuat-buat ( Berjalan, sikap tangan, raut wajah, dan penampilan keseluruhan ).
3. Berpakaian yang rapih sebab ketidak rapihan akan mengurangi percaya diri, bagikan foto copy paper yang dibuatkan, usahakan presentasi dengan slide overhead projector ).
4. Perkenalan diri ( dalam Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris jika menguasai dan harus konsisten dari awal sampai akhir ).
5. Berikan wawasan juri “ APA / WHAT “ rencana usaha / business plan kita ( Produk apa yang di jual serta jasa layanan yang hendak disediakan ).
6. Jelaskan “ MENGAPA / KENAPA ( WHY ) “ kita menjual barang barang / jasa tersebut dengan disertai argument yang terstruktur ( Ada point-point kenapa barang / jasa ini layak di jual ).
7. Paparkan “ SIAPA / WHO “ target sasaran konsumen yang akan di tuju dan akan membeli produk / jasa yang kita jual.
8. Berikan keyakinan kepada Juri, Apakah produk yang akan kita jual sesuai dengan TEMPAT / WHERE, dimana kita akan menjualnya.
9. Pengaruhi Juri untuk mempunyai persepsi yang sama dengan kita bahwa “ WAKTU / WHEN “ penjualan yang akan kita laksanakan itu sesuai dengan kondisi iklim, cuaca, suasana yang relevant dengan keadaan / kondisi saat itu.




10. Berikan penjelasan yang logis / masuk akal kepada Juri, “ BAGAIMANA / HOW “ menjual barang yang disediakan agar target tercapai. Dengan cara apa promosi akan dilaksanakan, Apakah Display kita bernuansa menunjang performance / penampilan barang dagangan / jasa yang dijual. Perlukah Brosure ? Pentingkah Pengeras suara ? Seberapa indah dekorasi yang disiapkan ? Seramah apakah penampilan anda besok ?
11. Penting untuk diterangkan kepada Juri, Seberapa besar target nominal penjualan kita.
Alternatif pilihan ada 2 , yaitu :
 Laba / margin keuntungan yang tinggi ( 15%, 20%, 25%, ………….. 50% )
 atau Margin yang kecil tapi turn over / perputaran barang yang tinggi.
12. Akhiri dengan tambahan kata-kata :
“ Saya / kami yakin proposal ini jauh dari sempurna namun saya / kami percaya Bapak / Ibu dapat memahami apa yang kami buat. Masukan, koreksi atau pertanyaan sangat saya / kami harapkan dari Bapak / Ibu juri yang terhormat “.
13. Menjawab pertanyaan dengan sikap penuh keyakinan dan kejujuran manakala ada pertanyaan yang tidak mampu di jawab. Jawablah apa adanya dengan mengatakan “ Saya / kami belum mengetahuinya “.
* Kejujuran lebih bernilai dibandingkan keangkuhan menjawab dengan jawaban yang mengada-ada *
14. Jika sudah selesai, akhiri dengan salam penutup dan terimakasih pada Juri atas waktu yang disediakan.


BAGAIMANA DISPLAY BARANG DAGANGAN YANG BAIK ?
Media yang digunakan dalam bentuk meja segi empat :
1. Alas / tampak meja disesuaikan dengan produk yang di jual.
2. Simetriskan penampilan produk yang di jual.
3. Gunakan alat Bantu yang membangun image / citra penonjolan produk yang di display.
4. Siapkan alat Bantu penjualan sepenti bon penjualan, gunting, karet, plastic di lokasi yang terpisah dengan meja display.
5. Gunakan P.O.P ( Point Of Purchases ) atau Soaft Board yang menampilkan Nama Kios, toko warung kita, lokasi kita, harga barang, diskon.
6. Nomor peserta ditempatkan di lokasi yang dapat terlihat oleh Juri.
7. Jika ada brosure, leaflet, peralatan sound system akan lebih menampilkan citra yang mengetahui costumer.
8. Accessories tidak boleh menghalangi penampilan produk yang di jual.
9. Kreasi dekorasi di meja display lebih menambah nilai penampilan.
10. Barang-barang dagangan di display harus jelas berapa harganya, jangan sampai ada yang belum di beri harga.
11. Pendisplayan barang wajib memperhatikan : Gradasi bentuk ( dari tinggi ke rendah, atau system kerucut ke tengah / sentring ), gradasi warna ( dari hard colour ke soft colour ), gradasi penampilan dari depan ke belakang serta gradasi harga ( murah ke mahal atau sebaliknya ).
12. Setelah selesai melakukan display, lihatlah barang-barang tersebut dari arah depan, posisikan kita sebagai pembeli dan bukan penjual. Sudah rapihkan pajangan barang dagangan yang kita jual ? Menarik atau menjenuhkan ?
13. Terakhir, apabila semuanya “ ready for use “, konsentrasikan diri pada penjualan, fokuskan pada target dan jangan berpikir yang lainnya. “ Kesuksesan anda adalah seberapa besar penghargaan anda pada usaha yang anda lakukan “.


APA YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN PADA SAAT MELAKUKAN
PROMOSI ?

1. Sapa pengunjung yang datang mendekat ke counter kita, Senyum yang ikhlas dan tulus, tetapi juga sudah terlalu banyak yang datang dan di rasa cukup merepotkan, sebaiknya tidak perlu dilakukan.
2. Tunjukkan kepada costumer bahwa kita menguasai produk yang dijual (product knowledge) yang terdiri dari Berapa harganya, terbuat dari bahan apa, Berapa lama kadaluarsanya, Dimana letak label kadaluarsanya, Bagaimana penggunaan produk, Apa manfaat dan khasiatnya / kegunaan, Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap barang tersebut, dan lain sebagainya.
3. Lakukan kegiatan tawar menawar dengan tetap menghormati costumer walaupun terkadang sikap costumer menjengkelkan. Terima hal ini sebagai ajang ujian kesuksesan anda. Tiada sukses tanpa ujian !!.
4. Jika terjadi penjualan, buatlah bon penjualan, kemaslah barang yang dibeli dan terimalah uang dari pembeli, sebutkan nilai uang yang diterima dan telitilah uang kembalian sesuai dengan perhitungan yang benar ( tidak lebih dan tidak kurang ).
5. Ucapkan terima kasih dan disertai dengan senyuman yang tulus dan berikan tambahan ucapan bahwa kami menanti kunjungan ibu / bapak / saudara di lain waktu.



BAGAIMANA KIAT MENGGUNAKAN MESIN-MESIN BUSINESS ?

A. CASH REGISTER :

1. Pastikan bahwa kita pernah melakukan uji coba atas Mesin tersebut ( lain mesin terkadang lain methode dan sistematikanya ).
2. Perhatikan discount yang dicantumkan dalam soal ( jika diberikan ketentuan demikian ).
3. Ada berbagai cara dalam pelayanan kepada Costumer dalam proses melayani sampai dengan pembayaran tapi yang perlu diperhatikan adalah waktu pelayanan selain ketepatan perhitungan :
 Keranjang yang dibawa pembeli diletakkan di atas meja yang disediakan.
 Masukkan satu persatu harga barang-barang yang dibeli, tanpa mengeluarkan dulu seluruh barang yang dibeli.
 Setelah selesai menyebutkan jumlah nominal total uang yang harus dibayar pembeli.
 Menerima uang yang diberikan dengan menyebutkan nilai nominalnya ( harus ada persepsi yang sama terhadap jumlah rupiah yang diberikan ).
 Menyiapkan dan menyerahkan uang kembalinya dengan telah disertai struk / bon.
 Mengemas barang sesuai klasifikasi dan jenis barang yang dibeli dan ditempatkan pada plastik yang telah disediakan.
 Menyerahkan barang yang sudah di kemas dan mengucapkan terima kasih serta ucapkan kami menunggu kunjungan anda selanjutnya.


B. PRICE LABELLING
1. Pastikan anda telah melakukan uji coba pada mesin yang disediakan.
2. Perhatikan diskon yang tertera dalam soal dan hitunglah dengan teliti.
3. Siapkan angka-angka yang ada pada mesin tersebut untuk ditunjukkan pada barang.
4. Tempelkan label harga pada posisi yang mudah di lihat costumer.


C. KOMPUTER :
1. Kuasai sepenuhnya penggunaan Microsoft Word dan Excel.
2. Baca dengan teliti apa yang dimaksud dalam soal.
3. Putuskan terlebih dahulu mana yang akan dibuat.
• Microsoft Word : Nota Pesanan Barang
• Microsoft Excel : Laporan Penjualan

4. Dalam melakukan perhitungan jumlah dalam Microsoft Excel sebaiknya karakter dan Numeric di pisahkan. ( Contoh lihat tabel berikut ).
5. Perhatikan waktu yang diberikan oleh Panitia dan koreksi kembali ketepatan jumlah dalam Perhitungan Microsoft Excel ataupun kerapihan penampilan dalam Laporan Microsoft Word.




MENYAJIKAN LAPORAN PENJUALAN AKHIR PELAKSANAAN BAZAAR :


1. Isi Form yang telah disediakan sesuai Petunjuk kolom-kolom yang ada.

2. Teliti kembali, dicocokkan antara urutan Nota Penjualan dengan Apa yang ditulis dalam Form Laporan.

3. Jangan melebihkan atau menambah penjualan fiktif antara hasil yang dicapai dengan Form Laporan.


Laporan apa adanya, sebab kejujuran adalah pangkal kesuksesan anda ….. !!




SIAPA YANG MENGELUARKAN SERTIFIKASI UJI KOMPETENSI ?
























MENGAPA HARUS ASOSIASI YANG MENGELUARKAN
SERTIFIKASI KOMPETENSI ?

1. Asosiasi merupakan kumpulan badan usaha, lembaga profesi yang mempunyai jaringan kerja serta keterlibatan yang terpadu dalam hal penanganan kelembagaan baik menyangkut tentang aktifitas yang dijalankan, advokasi / keberpihakan terhadap anggota, pemberdayaan ketrampilan maupun peningkatan serta up grading kemampuan anggota.

2. Asosiasi adalah jaringan kerja ( network ) yang membina, membantu serta menyalurkan aspirasi, harapan, peningkatan jenjang profesi bagi anggota serta stakeholder terkait.

3. Asosiasi memberikan binaan dalam bentuk Pelatihan kepada anggota, penyaluran dan penyebaran informasi lapangan kerja yang dibutuhkan anggota maupun aktifitas lain yang akan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya dalam memperoleh lapangan pekerjaan baik di dalam maupun di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Barat, Indonesia
Ya, Allah matikan aku dalam Islam, Jadikan aku menurut kehendakmu, dalam Ibadah kehidupanku baik dunia maupun akhirat, masukkan aku dalam sorga Mu, ya Allah

DATA PRIBADI KU

Data ini hanya boleh diakses siswa-siswi SMK Negeri 17 aja